Apa yang musti Anda lakukan jika hidrogel hasil kreasi Anda bermasalah ??

Jika hidrogel tampak menyusut ?? Semprotkan air pada hidrogel dengan menggunakan handsprayer. Air yang diberikan jangan terlalu banyak (menggenang).

Jika hidrogel kotor atau berbau ?? Bersihkan dengan cara keluarkan tanaman, bunga, lilin dll dari hidrogel, kemudian cuci dan rendam hidrogel dengan air hangat ± 2 jam kemudian tiriskan selama 1 jam supaya air benar-benar hilang.

 

 Hydrogel ini pakai pewarna apa sich, warnanya bisa pudar tidak ?

 Pewarnaan hydrogel menggunakan pewarna makanan sehingga aman untuk tanaman. Jika warna hydrogel mulai pudar, warna hydrogel bisa dikembalikan lagi supaya warnanya cantik lagi seperti semula. Caranya : tambahkan pewarna makanan pada air yang akan disemprotkan.
  Untuk menghias ruangan, tanaman hias seperti apa yang bisa ditanam menggunakan hydrogel ?
 
 Tanaman hias yang bisa ditanam di media hydrogel mempunyai karakteristik :

  • tahan genangan (kadar air berlebih)
  • tahan kelembaban tinggi
  • tanaman indoor (yang dapat hidup dengan cahaya pantulan atau cahaya tidak langsung)
  • serta umumnya tidak berkayu dan tidak berbunga

  Contoh tanaman yang bisa ditanam di media hydrogel apa saja ?

Contohny Aglaonema sp. (misal dona carmen, red sumatra), Scindapsus sp. (sirih hias), Cripthantus sp. (nenas-nenasan, Dracaena sp. (bambu emerald), Pilea cadieri (daun mutiara), Cyperus sp. (rumput payung/air), Anthurium sp (misal kuping gajah), Sanciviera (lidah mertua) dllMeskipun hydrogel ini mempunyai kandungan air cukup tinggi tapi tidak semua tanaman air bisa tumbuh baik di media hydrogel misalnya teratai dan enceng gondok. Teratai dan enceng gondok tidak bisa tumbuh dengan baik di media hydrogel karena tanaman ini membutuhkan suplly air yang sangat tinggi dan sinar matahari langsung.