Bukan hanya tampilan tanaman dan aksennya yang tampak lebih gaya dan indah dipandang mata, tetapi hidrogel juga mampu memberikan sentuhan lain pada tanaman, khususnya bunga.

Dengan menanam bunga pada media hidrogel, bunga menjadi “hidup” dalam arti bahwa beberapa bagian dari bunga menjadi lebih bagus dan indah.

Contoh yang diberikan disini adalah daun tanaman. Jika sebelumnya tanaman di tanam pada pot biasa, daun tanaman nampak biasa – biasa saja. Akan tetapi setelah ditanam pada media hidrogel, daun tanaman menjadi lebih cerah, mengkilap dan lebih bersih jika dibandingkan dengan sebelum ditanam pada media hidrogel.

daun baru pada media hidrogell

daun baru pada media hidrogell

Foto di atas adalah tanaman yang sudah kurang lebih satu bulan berada pada media hidrogell. Sudah tumbuh satu buah daun baru. Jika diperhatikan, daun baru tersebut nampak lebih cerah dan lebih sehat jika dibandingkan dengan daun yang lain yang sebelumnya berada pada pot biasa.

Kenapa bisa ? Karena dengan menanam pada media hidrogell, kita bisa “mengawasi” zat – zat nutrisi apa saja yang bisa masuk ke dalam tanaman. Beda dengan jika ditanam pada pot biasa, berbagai macam “makanan” masuk ke dalam tanaman sehingga lebih tidak terkontrol.