Ada beberapa pertanyaan tentang seberapa lama hidrogel ini bisa dimanfaatkan untuk tanaman.
Jawabannya adalah hidrogel ini akan sekuat tanah yang digantikannya. Sehingga berapa lama umurnya adalah sangat tahan lama, bahkan sampai bertahun – tahun.
Akan tetapi yang perlu digarisbawahi adalah, sama seperti tanah, lama kelamaan struktur tanah juga akan tidak lagi sesuai dengan tanaman yang bersangkutan karena unsur – unsur yang ada di dalamnya terserap oleh tanaman.
Begitu juga dengan hidrogel, jika sudah berumur lama maka beberapa komponennya akan ikut terserap oleh tanaman. Hal yang paling mencolok adalah warna dari hidrogel itu sendiri,  kurang lebih satu tahun, warnanya akan sedikit pudar tidak secemerlang pada awal penggunaannya.

Untuk itu, dalam jangka waktu tertentu (satu tahun)  perlu di tambahkan lagi hidrogel baru dengan warna yang sama dengan sebelumnya, agar warnanya kembali  cerah seperti semula. Karena unsur warna yang baru akan ikut berbaur dengan hidrogel yang lama.

Begitu juga dengan tanaman yang digunakan, perlu dilakukan perawatan sedemikian rupa agar tetap cantik meskipun berada di dalam ruangan, misalnya dengan memberi pupuk.