Ada beberapa orang mengirim sms kepada saya menanyakan perihal perbedaan antara hidrogel bulat dan kristal, sebenarnya keduanya sama, yang membedakan bentuknya saja. Yang berbentuk bulat bentuknya seragam, bulat – bulat semua, jika sudah direndam ke dalam air akan berubah menjadi seperti kelereng, tetapi dengan tekstur kenyal dan berwarna sangat cerah mengkilap, makanya seringkali anak – anak keliru menganggap seperti permen jelly.


Sementara yang kristal bentuknya tidak beraturan, jika masih kering ukurannya seperti butiran garam atau gula pasir, tetapi ukurannya relatif lebih besar ( sekitar dua kali lipat) dari kristal gula pasir. Setelah direndam ke dalam air, bentuknya akan menjadi seperti kerikil kecil dengan diameter kurang lebih 1-2 cm, warnanya juga sangat cerah mengkilap.

Bentuk apa yang lebih diminati orang? Kebanyakan orang lebih suka yang bulat karena bentuknya yang seragam dan nyaris seperti kelereng sehingga lebih bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Tetapi tidak sedikit juga yang menyukai hidrogel kristal, karena bagi tanaman, bentuk kristal akan bisa memenuhi ruang – ruang kosong yang ada di dalam vas bunga, bunga akan bisa hidup lebih baik di dalam hidrogel kristal. Di dalam vas bunga, karena hidrogel kristal bisa memenuhi ruang – ruang kosong, maka vas bunga akan tampak penuh dan masif.

Tetapi dari kedua bentuk tersebut, kedua – duanya bisa melengkapi keindahan ruangan yang kita tempati dan bisa memberikan kesan lain dari pada yang lain. Oleh karena itu, bagi yang belum pernah mencoba hidrogel sebagai media tanam, bisa membaca – baca artikel – artikel di blog ini sebelum memutuskan untuk membeli.