Hari sabtu, tanggal 14 Nopember yang lalu saya di-sms seseorang yang ingin membeli hidrogel. Karena rumahnya dekat dengan rumah saya, kita janjian untuk bertemu.

Ternyata orang ini adalah seorang penjual bunga. Kebetulan ketika saya di sana, ada rekan penjual bunga lain yang berkunjung. Ada satu pertanyaan menarik dari rekan si penjual bunga ini, orang ini mengatakan belum pernah tahu apa itu hidrogel, dan dia tanya semenarik apakah hidrogel ini?

hidrogel bulat warna biru di tangan

hidrogel bulat warna biru di tangan

Saya sendiri sulit untuk menjawab secara pas pertanyaan tersebut, tetapi gambaran saya adalah bagi siapapun yang belum pernah melihat hidrogel ini, pasti akan terpana, pasti akan kaget dan tidak percaya bahwa ada media tanam hidroponik seperti ini.

Biasanya media tanam hidroponik adalah berasal dari bahan – bahan alamiah juga, seperti sabut kelapa, kerikil dan sebagainya, sehingga tidak cocok di letakkan di atas meja. Tetapi hidrogel ini justru sangat indah jika diletakkan di atas meja rumah, karena bentuknya yang indah, berkilauan dan sangat bersih.

Penjual bunga tersebut akhirnya memutuskan untuk mencoba untuk ikut menjual hidrogel.