Sering ada pertanyaan yang masuk ke inbox email dan hp saya yang menanyakan tentang bunga kaktus dan euphorbia, apakah kedua bunga ini bisa ditanam pada hidrogel?

kaktus
Euphorbia

Entah mengapa kedua bunga ini paling banyak ditanyakan orang sehubungan dengan hdrogel. Mungkin karena penggemar kedua bunga ini relatif cukup banyak dibandingkan bunga – bunga yang lain.
Kedua bunga ini mempunyai karakteristik yang relatif sama. Keduanya merupakan bunga gurun pasir yang panas dan kering, bahkan euphorbia sering disebut sebagai “mawar gurun”. Sehingga kebutuhan akan air sangat sedikit, bahkan cenderung “alergi” terhadap genangan air.
Sementara karakteristik hidrogel adalah cenderung basah, walaupun dengan penirisan yang baik, kondisinya bisa nyaris kering, tetapi tetap saja “mengandung” banyak air.
Dengan dua kondisi yang kontras tersebut, jelas sekali kaktus dan euphorbia tidak bisa ditanam pada media hidrogel secara langsung. Yang bisa dilakukan adalah menjadikan hidrogel sebagai campuran media tanam bersama tanah, pupuk atau kompos yang akan ditanam bunga kaktus atau euphorbia. Sebagai campuran media tanam, fungsi hidrogel hanyalah sebagai media penyimpan air agar ketersediaan air bagi tanaman terjamin walaupun tidak disiram dalam jangka waktu yang lama.
Satu lagi jenis tanaman yang jelas tidak bisa ditanam pada media hidrogel karena karakteristiknya sama dengan kaktus dan euphorbia adalah adenium atau kamboja jepang.

adenium